DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB PLUS MADANA DUN YA BANJARMASIN
PENGARANG:Nurifansyah
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-12


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksprimen menggunakan desain
One Group Pretest – Posttest design.
Penelitian ini berlokasi di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin, dengan jumlah
anak yaitu 3 anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan mentabulasikan hasil tes, menginterpresentasikan kemajaun hasil
belajar,membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan..
Kesimpulan hasil tes mengenal tokoh pahlawan dalam mata pelajaran
IPS menggunakan media permainan monopoli terdapat peningkatan hasil belajar
anak. Peningkatan hasil belajar anak tuna grahita yang bernama My saat pre test
45 dan saat post test 80, Li saat pre test 35 dan post test 75, Aa saat pre test 40 dan
saat post test 65 dan hasil rata-rata perbandingan saat pre test 40 dan 73,3 saat
post test. Hal ini dapat diuraikan, anak yang bernama My lebih mampu
menerapkan pembelajaran menggunakan media permainan monopoli dibanding
anak yang bernama Aa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan
hendaknya para guru dalam melaksanakan pembelajaran lebih banyak melibatkan
anak menggunakan metode permainan monopoli dalam kegiatan pembelajaran
IPS maupun pelajaran yang lainnya agar anak lebih mudah memahami apa yang
disampaikan guru.


Kata Kunci : media permaianan monopoli, mata pelajaran IPS, anak tuna
grahita ringan di SLB plus madana dun ya banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI