DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MANAJEMEN KESAN PADA YOUTUBER DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI DRAMATURGI | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD FADIL RINALDY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-01-14 |
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 tercatat sebanyak 171 juta jiwa menurut (kominfo). kebanyakan pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan media sosial salah satunya youtube. Meningkatnya jumlah pengguna youtuber di tanah air ini juga didukung oleh jumlah penonton yang besar. Video blog (vlog) merupakan media untuk merepresentasikan diri seorang youtuber. Dalam vlognya seorang dapat membentuk dirinya sesuai dengan apa yang ia inginkan. Proses presentasi diri biasanya individu akan melakukan manajemen kesan, tujuannya agar dapat mempengaruhi orang lain, disukai orang lain, ingin memperbaiki posisi, memelihara status dan sebagainya. Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui manajemen kesan pada youtuber berdasarkan aspek, faktor, bentuk dan teknik dari manajemen kesan. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah youtuber terkenal dan memiliki banyak pengikut di media sosialnya. Subjek berjumlah tiga orang, subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ketiga subjek menggunakan manajemen kesan dalam membuat video. FE pemalu, kurang terbuka dengan orang yang baru di kenal. Dalam membuat video FE menampilkan diri apa adanya. RA bersifat ramah dan lucu mudah bergaul dengan orang lain. Dalam membuat video RA menampilkan dirinya sebagai orang yang lucu serta menampilkan dirinya sebagai orang yang bijak dan memberikan masukkan kepada melalui video yang dibuatnya. Subjek RAN bersifat dewasa dan bijak. Dalam konten youtube nya RAN menampilkan dirinya sebagai seorang yang senang bercerita dan membagikan cerita kepada orang lain. Sedangkan dalam keseharian menampilkan diri sebagai orang yang bijak kepada orang lain.
Kata kunci : manajemen kesan, youtuber
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI