DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN PENGHAMBATAN TIROSINASE SECARA KUALITATIF DENGAN METODE KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DARI EKSTRAK ETANOL DAUN BAMBAN (Donax canniformis) (G. Forst) K. Schum.)
PENGARANG:ALYA AUGUSTIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-14


ABSTRAK

 

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN PENGHAMBATAN TIROSINASE SECARA KUALITATIF DENGAN METODE KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DARI EKSTRAK ETANOL DAUN BAMBAN (Donax canniformis) (G. Forst) K. Schum.) (Oleh: Alya Augustiya; Pembimbing Fadlilaturrahmah, Muhammad Ikhwan Rizki; 2020. (63 Halaman).

 

Bamban (Donax canniformis) (G. Forst) K. Schum) biasa digunakan masyarakat tradisional untuk mengobati obat jerawat, obat bisul dan penutup luka, karena tumbuhan ini mudah tumbuh pada daerah yang lembab seperti rawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya aktivitas antioksidan dan adanya aktivitas penghambatan tirosinase pada ekstrak etanol 96% daun D. canniformis yang diuji kualitatif menggunakan metode kromatografi lapis tipis (KLT). Ekstrak didapatkan menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96%. Skrining fitokimia dilakukan sebagai awal identifikasi kandungan yang terkandung pada tanaman ini. Aktivitas antioksidan secara kualitatif menggunakan metode KLT yang kemudian disemprot menggunakan reagen DPPH. Aktivitas penghambatan tirosinase secara kualitatif menggunakan metode KLT yang kemudian disemprotkan menggunakan enzim tirosinase dan L-DOPA. Hasil yang didapatkan pada skrining fitokimia diketahui ekstrak etanol 96% daun D. canniformis mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin dan fenolik. Ekstrak etanol 96% daun D. canniformis juga memiliki aktivitas antioksidan yang ditandai adanya bercak kuning pucat pada plat KLT setelah dilakukan penyemprotan menggunakan reagen DPPH dan memiliki aktivitas penghambatan tirosinase yang ditandai dengan adanya bercak berwarna putih setelah dilakukan penyemprotan menggunakan enzim tirosinase dan L-DOPA. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol 96% daun D. canniformis memiliki aktivitas antioksidan dan aktivitas penghambatan tirosinase.

 

Kata Kunci: Antioksidan, Tirosinase, KLT, kualitatif, Donax canniformis (G. Forst) K. Schum)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI