DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKTIVITAS JARING INSANG HANYUT (DRIFT GILL NET) DI PERAIRAN PAGATAN BESAR KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DEVARMAS AGISTANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-18


ABSTRAK

Devarmas Agistana Program Studi Perikanan Tangkap. Produktivitas Jaring Insang Hanyut (drift gillnet) di Perairan Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Di bawah bimbingan Eka Anto Supeni, S.Pi, M.Si sebagai ketua dan Siti Aminah, S.Pi, M.Si sebagai anggota pembimbing.

 

Desa Pagatan Besar merupakan salah satu produksi perikanan di daerah Kabupaten Tanah Laut. Alat tangkap yang dipergunakan oleh  nelayan di Desa Pagatan Besar antara lain rempa, jaring insang hanyut, jaring insang lingkar, rakang, lampara dasar, rempa pantai dan gillnet rajungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan alat tangkap dan operasi penangkapan, menganalisis komposisi jenis, proporsi, dan produktivitas hasil tangkapan jaring insang hanyut (drift gillnet) di perairan Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode experimental fishing, observasi dan wawancara. Data yang digunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil pengamatan langsung ialah operasi penangkapan dan hasil tangkapan. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara responden dan berbagai sumber studi pustaka. Jaring insang hanyut merupakan alat penangkapan ikan yang terbuat dari jaring, berbentuk persegi empat dengan ukuran mata jaring yang sama dan dioperasikan dengan cara dihanyutkan.Komposisi hasil tangkapan jaring insang hanyut (drfit gillnet)yang paling banyak tertangkap yaitu ikan layur (Trichiurus lepturus)sebanyak72 kg sedangkan paling sedikit tertangkap yaitu bandeng (chanos-chanos) sebanyak 0,585 kg. Proporsi hasil tangkapan tertinggi yaitu ikan layur (Trichiurus lepturus)64,86%, sedangkan yang terendah yaitu bandeng (chanos-chanos) 0,52%. Produktivitas jaring insang hanyut (drift gillnet) diliat dari jumlah upaya penangkapan tidak selalu berbanding lurus terhadap hasil yang diperoleh dikarenakan beberapa faktor seperti musim, cuaca, kondisi perairan yang dimana mengalami naik turunnya hasil tangkapan dengan upaya yang paling rendah terjadi pada jumlah 16,66 gram/menit dan tertinggi dengan jumlah 68,18 gram/menit.

 

Kata Kunci : Produktivitas, Jaring Insang Hanyut, Pagatan Besar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI