DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KEBERADAAN BISNIS MAKLAR ATAU PERANTARA TERHADAP PENJUAL DAN PEMBELI IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (STUDI KASUS)
PENGARANG:DARSANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-18


ABSTRAK

DARSANI.   2020.  Peranan Keberadaan Bisnis Maklar Atau Perantara  Terhadap Penjual dan Pembeli Ikan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan (Studi Kasus).  Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ir. Hj. EMMY SRI MAHREDA, M.P. dan (2) Dr. Hj. EMMY LILIMANTIK, S.Pi. M.P.

 

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana peranan Bisnis maklar dan perantara (BIMANTARA) yang ada di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin di tingkat nelayan/produsen, ditingkat pembeli/konsumen, dan peranan pada proses jual beli hasil perikanan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin dengan objek penelitian nelayan/produsen, pembeli/konsumen dan perantara/makelar/agen, data diambil secara acak sebanyak 40 sampel. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif terhadap peranan BIMANTARA di tingkat nelayan/produsen, ditingkat pembeli/konsumen, dan peranan pada proses jual beli hasil perikanan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada level nelayan/pemilik kapal, BIMANTARAmempunyai beberapa peran yang diyakini oleh nelayan/pemilik kapal diantaranya adalah untuk memastikan ikan hasil tangkapan nelayan dapat terjual habis, mampu memberikan pinjaman modal melaut, dan memberikan keamanan transaksi di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin. Pada level pembeli/konsumen, BIMANTARAmempunyai beberapa peran yang diyakini oleh pembeli diantaranya adalah untuk memastikan mendapatkan ikan sesuai dengan yang diinginkan, mampu memberikan solusi biaya pembelian ikan , dan memberikan keamanan transaksi di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin.Peran BIMANTARA pada proses jual beli ikan hasil tangkapan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin berpengaruh kecil pada penentuan harga ikan serta perizinan penjualan dan pembelian, kemudian berpengaruh sedang pada penyediaan tenaga kerja bantuan, namun sangat berpengaruh pada kepastian penjualan ikan dan pembelian ikan, mampu memberikan pinjaman modal kepada penjual maupun pembeli, dan menjamin keamanan transaksi jual beli ikan hasil tangkapan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin. Secara keseluruhan keberadaan BIMANTARA diperlukan oleh penjual dan pembeli di Pelabuhan Perikanan Banjaramasin.

Kata kunci: Peranan Bisnis Maklar atau Perantara, Pelabuhan Perikanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI