DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA POP UP DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI VISUAL ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:MERY CLAUDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-18


ABSTRAK

 

 

Mery Claudya, 1610127320008. (2020) Efektivitas Media Pop Up dalam Meningkatkan Kemampuan Persepsi Visual Anak Tunagrahita Sedang di SLB Negeri 2 Martapura. Skripsi. Program Sastra-1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Eviani Damastuti, M. Pd, (2) Machmud Fauzi, M. Pd.

 

Kata Kunci: Media Pop Up, Persepsi Visual, Anak Tunagrahita Sedang

 

Anak tunagrahita mengalami masalah yang kompleks salah satunya masalah pada persepsi visual. Masalah yang ditemukan pada penelitian ini yakni ditemukan dua anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam persepsi visual, terumata dalam mendiskriminasi bentuk bangun datar seperti bentuk bangun datar persegi panjang, bentuk bangun datar persegi, bentuk bangun datar segitiga, dan ebntuk bangun datar lingkaran. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses pembelajaran yang melibatkan pengenalan suatu objek. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pop up dalam meningkatkan persepsi visual anak tunagrahita sedang dalam mendiskriminasi bentuk bangun datar.

Pendekatan penelitian dengan pendekatan kuantitatif.  Metode penelitian yang digunakan daslam penelitian ini dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain pada penelitian ini yang menggunakan desain penelitian time series design yaitu dimana pada desain ini diberi tindakan awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak empat kali,setelah diberikannya tindakan awal selanjutnya pemberian treatment dengan menggunakan media pop up sebanyak empat kali, dan setelah itu dilakukan tindakan akhir (posttest) sebanyak empat kali setelah pemberian treatment. Subjek penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita sedang satu orang laki-laki dan satu orang perempuan di SLB Negeri 2 Martapura. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data  deskriptif kuantitatif.

 Hasil penelitian ini menunjukan hasil kemampuan akhir anak (posttest) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil sebelum diberikan treatment (pretest). Perolehan nilai rata-rata pada pretest yaitu O1= 37,49 , O2= 37,49, O3= 37,49, O4= 41,66 dan perolehan nilai rata-rata posttest yang mengalami peningkatan yaitu O5= 58,33 , O6= 62,49, O7= 70,83, O8= 79,16. Berdasarkan hasil penelitian selisih antara hasil pretest dengan hasil posttest yaitu 112,51 maka dapat disimpulkan bahwa media pop up efektif dalam meningkatkan persepsi visual anak tunagrahita sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI