DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS BIOEKONOMI SUMBERDAYA RAJUNGAN (Portunus pelagicus) YANG DIDARATKAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DENIS MARDIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-18


ABSTRAK

Denis Mardiansyah Program Studi Perikanan Tangkap. Analisis Bioekonomi Sumberdaya Rajungan (Portunus pelagicus) Yang Didaratkan Di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Erwin Rosadi sebagai ketua tim pembimbing dan Siti Aminah sebagai anggota pembimbing.

 

Tujuan dari penelitian ini untuk  mengetahui potensi lestari secara biologi (Maximum Sustainable Yield/MSY), besarnya potensi lestari  secara ekonomi (Maximum Economic Yield/MEY) dan  mengetahui alat tangkap yang digunakan untuk eksploitasi Portunus pelagicus serta mengetahui cara pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan  yaitu menggunakan model Gordon-Schaefer. Hasil penelitian menunjukkan alat tangkap yang digunakan untuk menangkap Portunus pelagicus di perairan Kabupaten Tanah Bumbu ialah set gill net. Pengoperasian set gill net adalah dengan cara dibentangkan menghadang arus dan ditempatkan di dasar perairan. Nilai CMSY sebesar 48.078.522 kg/tahun dengan EMSY sebesar 11.986,59 trip/tahun. Nilai CMEY 48.078.515,9 kg/tahun dengan nilai EMEY sebesar 11.982,15 trip/tahun dan pada kondisi COAE yaitu 71.246,26 kg/tahun dengan EOAE sebesar 23.964,30 trip/tahun. Status stok sumberdaya Portunus pelagicus pada tahun 2018 yaitu biologic underfishing dan economic overfishing.

 

Kata Kunci: Bioekonomi, Portunus pelagicus, MSY, MEY, Open Acces

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI