DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Kandungan Hara Nitrogen, Kadar Abu, C-organik dan pH Tanah dengan Diameter Batang dan Tinggi Tanaman Sengon Pada Tanah Gambut di Desa Gandang Barat Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah
PENGARANG:KRISTIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-18


 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kandungan nitrogen, kadar abu, C-organik, pH tanah dan kedalaman muka air tanah dengan diameter batang dan tinggi tanaman sengon. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan April 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif eksploratif yaitu dengan melakukan survei di lapangan pada lokasi lahan gambut yang terdapat budidaya tanaman sengon, lalu dilanjutkan dengan pengambilan sampel tanah di lapangan pada kedalaman 0-30 cm dan 30-60 cm.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kandungan nitrat berhubungan dengan diameter batang dan tinggi tanaman sengon serta kedalaman muka air tanah berhubungan dengan tinggi tanaman, tetapi tidak berhubungan dengan diameter batang tanaman sengon. Kedalaman muka air tanah dan nitrat memiliki kontribusi terbesar terhadap tinggi tanaman sengon, bentuk persamaannya yaitu tinggi tanaman = -130,286 + 2,392 kedalaman muka air tanah dan tinggi tanaman = 5,036 + 1,060 N-NO3-, sedangkan untuk kandungan N-total, amonium, pH, C-organik dan kadar abu tidak berhubungan dengan diameter batang dan tinggi tanaman sengon.

 

Kata kunci : Gambut, Sengon, Nitrogen, Kadar Abu, C-organik, pH, Kedalaman Muka Air Tanah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI