DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MATA KULIAH PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD FKIP DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
PENGARANG:AULIA AJIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-19


ABSTRAK

Aulia Ajizah, 2020. Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Inklusif Terhadap Pemahaman Mahasiswa PGSD FKIP di Universitas Lambung Mangkurat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Ali Rachman dan Pembimbing II: Mirnawati.

Kata Kunci: Mata Kuliah Pendidikan Inklusif, Pemahaman Mahasiswa PGSD

Layanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tidak lagi berbatas pada Sekolah Luar Biasa (SLB), namun juga berkembang dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif dimana ABK mendapatkan akses pendidikan di sekolah regular bersama siswa regular pada umumnya. Dengan demikian mata kuliah pendidikan inklusif menjadi salah satu mata kuliah wajib pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang harus di program oleh seluruh mahasiswa di lingkungan FKIP termasuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pendidikan inklusif terhadap pemahaman mahasiswa PGSD tentang ABK.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto (sesudah fakta), sumber data terdiri dari 15 orang mahasiswa PGSD angkatan 2015 yang telah menyelesaikan mata kuliah pendidikan inklusif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang di kemas dengan bentuk google form. Data dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dengan kriteria skor: sangat tidak berpengaruh (0% - 25%), tidak berpengaruh (26% - 50%), berpengaruh (51% - 75%), sangat berpengaruh (76% - 100%)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh mata kuliah pendidikan inklusif terhadap pemahaman mahasiswa PGSD kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dilihat dari persentase pernyataan angket yang telah dihitung pada setiap aspek indikator yaitu definisi ABK (93,33%), faktor penyebab terjadinya ABK (85%), klasifikasi ABK (84,72%), karakteristik ABK (91,67%), Layanan pendidikan bagi ABK (91,25%), permasalahan ABK (91,67%), layanan kompensatoris ABK (89,44%), seluru hasil persentase tersebut masuk dalam kriteria “sangat berpengaruh”

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI