DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK TUTUR DALAM FILM PENDEK TV HANYAR KARYA SYARWANI MUHAMMAD
PENGARANG:FITRI SYAHBANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-19


ABSTRAK

Syahbana, Fitri. 2020. Tindak Tutur dalam Film Pendek “TV Hanyar” Karya Syarwani Muhammad. Skripsi., Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. H. Moh. Fattah Yasin, M.Pd., (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

 

Kata kunci: tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, film pendek

 

Penelitian ini membahas tentang tindak tutur pada sebuah film pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Objek dalam penelitian ini adalah film pendek TV Hanyar Karya Syarwani Muhammad. Penelitian ini memiliki dua buah rumusan masalah. Penelitian ini dilandasi pandangan bahwa karya sastra berupa dialog film pendek dapat mencerminkan tindak tutur dalam film pendek tersebut.

Pendekatan yang digunakan, yaitu deskriptif-kualitatif. Hal ini karena dalam  penelitian ini menghasilkan data berupa dialog dari tuturan dalam film pendek tersebut yang berupa transkripsi bentuk tulisan. Data penelitian ini berupa film pendek TV Hanyar dengan durasi 12 menit 30 detik yang diproduksi pada tahun 2018 di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan ialah metode simak dengan teknik lanjutan dan teknik catat. Data dianalisis untuk memperoleh deskripsi wujud serta fungsi tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan wujud-wujud tindak tutur, yaitu (1) Lokusi yang terdiri atas wujud deklaratif, interogatif, imperatif, dan eksklamaif. (2) Ilokusi yang  terdiri atas wujud asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. (3) Perlokusi yang terdiri atas wujud asertif, direktif, komisif, dan ekspresif.

Saran bagi peneliti selanjutnya, semoga bisa melakukan penelitian tindak tutur dengan lebih detail. Disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan topik lain seperti implikatur, tindak tutur langsung dan tidak langsung.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI