DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:HENDRA
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-12


Kata Kunci : LKS, Contextual Teaching and Learning, zat aditif dan zat adiktif, Hasil Belajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan prototype LKS yang valid berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok zat aditif dan zat adiktif; (2) Mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari prototype LKS berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning yang digunakan pada saat pembelajaran dikelas.

Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dari Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Dalam penelitian pengembangan dibatasi hanya sampai tahap uji coba lebih luas, tahap analisa, revisi dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi prototype LKS berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning yang digunakan dinyatakan sangat valid; (2) Untuk aspek kepraktisan ditunjukkan dari hasil aktivitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil kepraktisan untuk aktivitas guru dan siswa tergolong sangat praktis. Hasil analisis untuk respon terhadap pembelajaran menunjukkan hasil yang positif. Untuk aspek keefektifan ditunjukkan dari hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan proses sains. Keseluruhan hasil belajar tersebut adalah tergolong baik untuk hasil belajar kognitif,  afektif dan keterampilan proses sain. Untuk hasil belajar psikomotorik siswa tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian berikut dapat disimpulkan bahwa prototype LKS berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learningi pada materi pokok zat aditif dan zat adiktif yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik, dan juga keterampilan proses sains siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI