DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERSEDIAAN BAHAN BAKUPEMBUATAN BARECORE KAYU SENGON DI PT. SURYA SATRYA TIMUR CORPORATION BANJARMASIN
PENGARANG:FATIH FARHAN
PENERBIT:FAK.KEHUTANAN
TANGGAL:2018-02-12


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkiraan pemakaian bahan baku pembuatan barecore, menentukan jumlah pemesanan bahan baku yang ekonomis, menegetahui kapan waktu pemesanan kembali dan mengetahui jumlah persediaan pengaman di PT. Surya Satrya Timur Corporation Banjarmasin. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis suatu kegiatan manajemen produksi, khususnya dalam pengendalian persediaan bahan baku.
Barecore merupakan lapisan inti pada proses pembuatan papan blok yang terdiri dari strip – strip kayu yang disusun sedemikian rupa. Bahan baku merupakan hal yang sangat penting bagi suatu industri, setiap industri perlu melakukan kegiatan pengendalian persediaan bahan baku agar kegiatan produksi dapat berjalan efektif dan efisien.
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa perkiraan pemakaian bahan baku pada tahun 2017 mencapai 3773,195 m3 dengan jumlah optimum order sebanyak 38 kali sebesar 99,646 m3 setiap kali order. Besarnya persediaan pengaman yang harus disediakan perusahaan 49,50 m3 dengan titik pemesanan kembali ketika bahan baku mencapai 74,64 m3. Ketersediaan bahan baku akan memperlancar proses produksi yang ekonomis dan efisien.
 
Kata kunci : Pengendalian Persediaan, Bahan Baku, Barecore, EEQ
 
 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI