DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Environmental, Social, and Governance Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan, Agrikultur, serta Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)
PENGARANG:SHABRINA PUTRI RIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-20


Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Pentingnya pertumbuhan nilai perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan menyebabkan perlunya dilakukan eksplorasi lebih lanjut terkait faktor-faktor yang mempengaruhi nilai dari sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Environmental, Social, and Governance Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada perusahaan sektor Pertambangan, Agrikultur, serta Industri Dasar dan Kimia. Environmental Disclosure diukur menggunakan Peringkat PROPER, Social Disclosure diukur menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI), sementara Governance Disclosure diproksikan dengan diversitas gender, diversitas kebangsaan dan board size.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor Pertambangan, Agrikultur, serta Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dengan SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Environmental Disclosure, Social Disclosure, Diversitas Gender dan Diversitas Kebangsaan memiliki pengaruh positif terhadap Profitabilitas, sementara Board Size berpengaruh negatif. Hasil juga menunjukkan bahwa Environmental Disclosure, Social Disclosure, Diversitas Kebangsaan dan Profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Di lain sisi, Diversitas Gender dan Board Size berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI