DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PENGASUH DALAM MEMBINA SIKAP SOSIAL ANAK DI WISMA SITI ZULEHA PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK BUDI MULIA BANJARBARU
PENGARANG:RIZKI AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-20


ABSTRAK

Rizki Amelia. 2020.   Peranan Pengasuh dalam Membina Sikap Sosial Anak di Wisma Siti Zuleha Panti Sosial Asuhan Anak Budi Mulia Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putra, M.Pddan Pembimbing II: Melly Agustina Permatasari, M.Pd

Banyak permasalahan sosial terjadi di masyarakat yang dilakukan oleh anak karena, sikap sosial mereka tidak dibina saat dilingkungan keluarga,  kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan sekitar kepada anaknya terutama anak yatim piatu dan anak dari keluarga tidak mampu. Peranan pengasuh menjadi penentu untuk mengarahkan anak asuhnya agar memiliki kualitas diri yang membuatnya bermanfaat di masyakarat kelak.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pengasuh dalam membina sikap sosial anak di wisma siti zuleha panti sosial asuhan anak budi mulia Banjarbaru.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan metode observasi pada aktivitas anak asuh dan pengasuh di wisma siti zuleha, wawancara dengan pengasuh, anak asuh  wisma siti zuleha, pegawai tata usaha di PSAA Budi Mulia dan dokumentasi aktivitas anak asuh di wisma siti zuleha dan keadaan lingkungan PSAA Budi Budi Mulia. Analisis data menggunakan Miles Huberman yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel, dan verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian  1) PSAA Budi Mulia beralamat di A.Yani KM. 27.400 RT.003 RW. 011 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, PSAA Budi Mulia Prov. Kalsel memberikan pelayanan kesejahteraan Sosial kepada Anak Yatim, Piatu, Yatim Piatu, anak terlantar dan anak kurang beruntung 2) Pengasuh di wisma siti zuleha menyusun aktivitas-aktivitas mereka sesuai dengan peraturan PSAA Budi Mulia dan  3) Aktivitas yang sering mereka lakukan  merupakan aktivitas sosial yang membuat mereka menjadi anak yang bertanggung jawab, disiplin, religius dan bisa bekerja sama.Simpulan dari penelitian ini adalah peranan pengasuh dalam membina sikap sosial anak di wisma siti zuleha panti sosial asuhan anak budi mulia Banjarbaru sudah bisa dikatakan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terlihatnya sikap sosial anak yang bertanggung jawab, disiplin, religius dan bisa bekerja sama.

 

Kata Kunci: Peranan Pengasuh, Sikap Sosial, Anak Asuh

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI