DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKANKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MELALUI KOMBINASI METODE CERAMAH, MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MODEL PICTURE AND PICTURE PADA ANAK KELOMPOK B TK KASIH SAYANG BANJARMASIN
PENGARANG:NURZANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-20


Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan pada anak Kelompok B TK Kasih Sayang Kecamatan Banjarmasin Tengah yang mengalami permasalahan pada aspek nilai agama dan moral anak, banyak anak yang belum mampu menirukan gerakan shalat dengan baik dan benar. Masalah ini disebabkan kurangnya pemahaman anak tentang nilai agama dan moral anak. Anak mudah jenuh dan bosan sehingga menyebabkan anak tidak fokus dan konsentrasi dalam belajar, dan guru tidak menggunakan media yang menarik perhatian dan semangat anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam menirukan gerakan shalat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan aspek nilai agama dan moral anak, setting penelitian adalah di TK Kasih Sayang Kecamatan Banjarmasin Tengah pada Semester II tahun 2018-2019 dengan jumlah anak 15 orang yaitu terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Faktor yang diteliti adalah faktor guru, faktor anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perkembangan aspek nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat melalui model explicit instruction, model picture and picture dapat meningkatkan aktivitas guru dari Pertemuan 1 dan 2 meningkat, pada Pertemuan 3 mencapai nilai dengan skor 31, begitu pula aktivitas anak mengalami peningkatan pada Pertemuan 3 mencapai 86,7% dengan kualifikasi sangat aktif. Hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral dari Pertemuan 1 sampai 3 mengalami peningkatan, hal ini mencapai ketuntasan klasikal yaitu mencpai nilai skor 100 atau termasuk kriteria Berkembang Sangat Baik (êêêê).

Kesimpulannya bahwa melalui model explicit instruction, model picture and picture dapat meningkatkan perkembangan anak pada aspek nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat pada anak kelompok B di TK Kasih Sayang Banjarmasin terlihat dari aktivitas guru, aktivitas anak  dan hasil belajar anak yang meningkat setiap siklusnya. Maka disarankan kepada guru untuk mengembangkan nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat bahwa melalui model explicit instruction, model picture and picture.

Kata kunci :meningkatkan menirukan gerakan shalat, metode ceramah, model explicit instruction, model picture and picture

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI