DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN SEI ALALAK TERHADAP KONDISI KEGIATAN EKONOMI PEDAGANG DI SEKITAR PROYEK
PENGARANG:RATU TIARA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


Ratu Tiara Wulandari (2020) Dampak Pembangunan Jembatan Sei Alalak Terhadap Kondisi Kegiatan Ekonomi Masyarakat Pedagang Sekitar Proyek di Alalak Kayu Tangi Ujung. Dosen Pembimbing Drs. M. Effendi, MS

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana karakteristik masyarakat pedagang di sekitar proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak (2) Bagaimana dampak saat pelaksanaan pembangunan Jembatan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat pedagang disekitar saat proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak (3) Bagaimana ekspektasi masyarakat pedagang sesudah selesai pelaksanaan proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak.

Metode yang di gunakan adalah deskriptif. Jenis dan sumber data adalah primer dan sekunder. Data primer di peroleh melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner dan data sekunder di peroleh dari sumber data studi pustaka dan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Batola.

Berdasarkan hasil penelitian dapat di peroleh analisis untuk dampak sebelum pembangunan jembatan sei alalak terhadap kondisi ekonomi masyarakat pedagang sekitar proyek di Alalak Kayu Tangi Ujung dalam keadaan baik dapat dilihat dari saluran distribusi barang yang lancar 100% dan 75 pedagang di sekitar proyek, dari sisi jumlah tenaga yang dimiliki pedagang juga dalam keadaan baik dimana pedagang memiliki tenaga kerja 1-4 orang, selanjutnya juga dapat dilihat dari jumlah pembeli dimana dalam sehari bisa mendapat pembeli lebih dari 150 orang, selanjutnya juga dapat dilihat dari pendapatan pedagang dimana paling tinggi sebesar lebih dari Rp 1.500.000 sebanyak 42 orang dan paling rendah sebesar kurang dari Rp 500.000 sebanyak 11 orang.

Pada dampak saat pembangunan jembatan sei alalak keadaan ekonomi menjadi turun dapat dilihat dari saluran distribusi barang terkadang terhambat, dari sisi jumlah tenaga kerja juga mengalami penurunan menjadi 1-3 orang, selanjutnya pada pembeli juga turun drastis karena 68% pedagang hanya mendapat pembeli kurang dari 50 orang, selanjutnya terdapat penurunan pendapatan bagi beberapa pedagang pada saat proyek, Sedangkan yang paling berdampak adalah pendapatan para pedagang, terjadi penurunan pendapatan pedagang dimana pendapatan paling tinggi sebesar lebih dari Rp 1.500.000 berkurang menjadi 29 orang dan pendapatan paling rendah sebesar kurang dari Rp 500.000 bertambah menjadi 17 orang. Dari selesainya pembangunan Jembatan Sei Alalak masyarakat pedagang berekspektasi kondisi ekonomi masyarakat pedagang sekitar proyek di Alalak Kayu Tangi Ujung kembali pulih seperti sebelum pembangunan proyek tersebut bahkan berekspektasi kondisi ekonomi disekitar Jembatan Sei Alalak menjadi meningkat sehingga pedagang sekitar dapat merasakan dampak positif dari pembangunan tersebut.

Kata Kunci : Pembangunan Jembatan, Masyarakat Pedagang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI