DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LITERATUR REVIEW: PELAKSANAAN PATIENT-CENTERED CARE (PCC) MENURUT PERAWAT SEBAGAI PROFESIONAL PEMBERI ASUHAN
PENGARANG:YHOGY PUTRA MULYA BAHTERA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


Latar belakang: Masih kurang tingkat pengetahuan perawat yang terkait patient-centered care dapat terjadi karena kurangnya motivasi perawat untuk belajar terhadap hal-hal baru, kurangnya pelatihan terkait patient-centered care juga mempengaruhi dari pelaksanaan patient-centered care.

Tujuan: Untuk mengetahui pelaksanaan patient-centered care menurut perawat sebagai profesional pemberi asuhan.

Metode: Studi ini menggunakan literature review, dari 3 basis data elektronik; Google Scholar, PubMed, dan SringerLink dalam rentang tahun 2015-2020 ditemukan 11 literatur yang sesuai dengan kata kunci.

Hasil: Hasil sintesis data pada 11 artikel jurnal yang didapatkan 7 artikel jurnal yang menyatakan bahwa pelaksanaan patient-centered care di rumah sakit sudah terlaksana dengan efektif. Sedangkan 4 artikel jurnal lainnya merekomendasikan dalam pelaksanaan patient-centered care perlunya adanya pelatihan mengenai-patient-centered care.

Pembahasan: Terlaksananya patient-centered care dapat mempengaruhi proses perawatan pasien, sehingga pasien dan keluarga merasa lebih dihargai dan nyaman saat dilakukan proses perawatan serta mampu mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan patient-centered care masih perlu ada pelatihan dan pengenalan kepada petugas kesehatan agar melaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata Kunci: Pasien, Perawat, Pelaksanaan patient centered care.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI