DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LAMA WAKTU PENGGARAMAN YANG BERBEDA TERHADAP KADAR AIR DAN NILAI TOTAL PLATE COUNT (TPC) CUMI-CUMI (Loligo sp)
PENGARANG:SHINTA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


ABSTRAK

                        SHINTA DEWI (G1A115028), Hasil Penelitian Skripsi Pengaruh Lama Waktu Penggaraman Yang Berbeda Terhadap Kadar Air dan Nilai Total Plate Count (TPC) Cumi- Cumi (Loligo sp). Dibawah bimbing Ibu, Ibu Ir. Hj. Siti Aisyah, M.Sselaku ketua pembimbing serta Ibu Ir. Rabiatul Adawyah, M.Pselaku anggota tim pembimbingdan Ibu Findya Puspitasari, S.Pi, M.Si, PhD Selaku Penguji Skripsi,  penelitian ini adalah kurang lebih 4 bulan, dimulai dari bulan September 2020 – Desember 2020 yang meliputidari persiapan proposal, pelaksanan, penelitian, penyusunan laporan, seminar, dan pelaporan.Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan, Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat.dan analisa dilaksanakan di Laboratorium Balai Penerapan Mutu Hasil Perikanan (BPMHP) Cempaka Kalimantan Selatan.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama waktu penggaraman yang berbeda terhadap kadar air dan nilai total plate count (TPC) cumi-cumi (Loligo sp) dengan penggaram cumi-cumi menggunakan garam 15% dengan lama waktu penggaraman yang berbeda sesuai perlakuan: 0 jam (segar tanpa penggaraman), 24 jam, 3 hari dan 5 hari di dalam wadah. Kegunaan dari penelitian ini yang diharapkan agar dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai nilai kadar airdan total plate count (TPC) cumi-cumi. sehingga dapat dijadikan sebagai bahan literatur dalam penelitian.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga dihasilkan 12 unit percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah: Perlakuan O (kontrol) (tanpa penambahan garam + 0 jam), perlakuan A (penambahan garam 15% + 24 jam), B (penambahan garam 15% + 3 hari) dan C (penambahan garam 15% + 5 hari).

Pengamatan dilakukan terhadap uji kadar air dan nilai total plate count(TPC) menunjukan hasil lama waktu penggaraman yang berbeda tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air dan nilai total plate count (TPC) cumi-cumi (Loligo sp).dan pada hasil uji statistic ANOVA menunjukan perlakuan O memiliki nilai kadar air tertinggi yaitu sebesar 85,78% dan yang paling terendah adalah A memiliki nilai kadar air yaitu 72,89% sedangkan nilai total plate count yang paling tertinggi yaitu B yaitu 5,83% dan yang paling terendah adalah perlakuan O yaitu 4,05%. Nilai kadar air cumi-cumi menurun dengan adanya pengaruh lama waktu penggaraman yang berbeda dan dengan lama waktu penggaraman yang berbeda maka semakin meningkat jumlah koloni bakteri terhadap nilai total plate count .

 

 

Kata Kunci : cumi – cumi, waktu fermentasi, kadar air, total plate count (TPC)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI