DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL DRUPADI KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA
PENGARANG:TATI AKHBARYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


ABSTRAK

 

Akhbaryah, Tati. 2020. Ketidakadilan Gender dalam Novel Drupadi Karya Seno Gumira Ajidarma.Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.;

(II) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidakadilan gender dalam novel Drupadi dan pengaruhnya pada diri tokoh Drupadi. Novel Drupadi menjadi sumber data penelitian karena mengangkat masalah kemanusiaan yang mendasar, yaitu tentang perempuan, kekerasan, ketidakadilan gender. Adapun konteksnya relevan dengan kehidupan sehari hari dan sampai saat ini masih menjadi masalah dalam kehidupan. Pada penelitian ini penulis membahas tentang masalah: Pertama, bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma. Kedua, pengaruh ketidakadilan gender terhadap  diri tokoh Drupadi. Ketiga, aksi perlawanan tokoh Drupadi terhadap ketidakadilan gender.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kritik sastra feminis karena fokus perhatiannya pada tokoh perempuan/relasi gender yang timpang. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, metode ini untuk memahami  bentuk- bentuk ketidakadilan gender yang terdapat dalam novelDrupadi.

Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, adanya bentuk-bentuk ketidakadilan gender, yaitu (1)) Stereotif : Berupa pelebelan negatif sebagai piala bergilir/objek pemuas nafsu. Drupadi dianggap makhluk lemah, Drupadi sebagai barang taruhan. (2) Subordinasi: Posisis Drupadi yang tidak memiliki hak kebebasan dalam menentukan pasangan hidup. (3) Marginalisasi: Keputusan Dewi Kunti untuk menetapkan Drupadi menjadi perempuan poliandri. Drupadi tidak memiliki kedaulatan atas dirinya meski berstatus istri Pandawa. (4) Kekerasan: Kejadian yang dialami Drupadi seperti kekejaman, penyiksaan fisik, psikis,kekerasan verbal dan seksual.(5) Beban ganda: Peran Drupadi tidak hanya sebagai istri juga sebagai motivator pada pihak Pandawa. Kesetiaan, pengabdian dan pengorbanan Drupadi teruji pada lima suaminya meski disatu sisi Drupadi mengalami penghianatan. Kedua, ketidakadilan gender yang dialami Drupadi berpengaruh besar pada kepribadiannya. Dua sifat yang dimiliki Drupadi, yakni sifat baik dan sifat buruk membentuk citra perempuan feminis dalam diri Drupadi. Ketidakadilan gender yang dialami tokoh Drupadi mendorong dirinya untuk membela hak dan kehormatan dari tekanan kekuasaan laki-laki agar ia bisa menentukan jalan hidupnya sendiri. Ketiga, aksi perlawanan Drupadi melalui: Penyampaian pendapat, menggugat, melawan. Perlawanan Drupadi diwujudkan dalam aksi penolakan, penyamaran, sumpah janji dan aksi balasdendam.

 

Kata kunci: ketidakadilan gender, stereotif, subordinasi, marginalisasi, kekerasan, beban ganda

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI