DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, PENDAPATAN PERKAPITA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2005-2019
PENGARANG:SINTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


 

Sinta (2020). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pendapatan Perkapita dan Pertumbuhan  Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Kabupatenn Hulu Sungai Selatan Tahun 2005-2019. Pembimbing : Dra. Eny Fahrati, M.P.

 

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pendapatan Perkapita dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan; (2) Untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan terhadap Kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

            Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, menggunakan data sekunder time series tahun 2005-2019. Lokasi penelitian  ini adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan data yang diperoleh di olah menggunakan  bantuan program SPSS 26,0.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Indeks Pembangunan Manusia, Pendapatan Perkapita dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap Kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa (2) Variabel Pendapatan Perkapita mempunyai faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Oleh karena itu supaya kemiskinan cepat turun diperlukan peningatan terhadap kegiatan perekonomian di seluruh sektor, terutama sektor yang mempunyai potensi seperti sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor pertambangan dan penggalian, sektor administrasi pemerintah maupun perdagangan serta diperlukan peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja agar besaran Produk Domestik Bruto yang dihasilkan mampu menunjang pendapatan masyarakat, dengan meningkatnya  pendapatan tersebut mampu mengurangi tingkat kemiskinan.

 

 

 

Kata Kunci : Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Pendapatan Perkapita dan Pertumbuhan Ekonomi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI