DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS WONDERSHARE FILMORA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS 4 DI SDN 1 KARANG JAWA MUKA KANDANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD FAJAR RIZALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-21


ABSTRAK

 

Rizali, Muhammad Fajar  . 2019.  Pengembangan Video Pelajaran Berbasis Wondershare Filmora untuk Meningatkan Minat belajar siswa Pada Mata Pembelajara IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya  di Kelas IV SDN  1 Karang Jawa Muka   Kandangan”  .Skripsi Program Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dr.H Ahmad Sofyan,M.A selaku Dosen Pembimbing I dan Agus Hadi Utama, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.

 

Kata Kunci : Minat Belajar, IPA, Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya, Womdershare Filmora

 

Minat belajar IPA siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV SDN 1 Karang Jawa Muka Kandangan dinyatakan rendah, disebabkan karena proses pembelajaran siswa belum  terbiasa mengenal media , siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran , sehingga siswa kurang menguasai materi yang di ajarkan, siswa cenderung pasif, siswa hanya datang, mencatat materi yang di sampaikan oleh guru, dan kegiatan pembelajaran yang monoton.Dengan adanya Pengembangan Video Berbasis Wondershare Filmora ini siswa diharapkan tidak bosan dalam menerima pelajaran serta siswa  dapat aktif, menguasai materi, dan bekerja sama dengan teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan, menggunakan video berbasis

Wondershare Filmora serta untuk meningkatkan minat belajar siswa.

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian research and development. Setting penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Karang Jawa Muka Kandangan, dengan jumlah siswa 10 orang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 4  orang siswa perempuan. Analisis data diperoleh dari analisis kualitatif dari data hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi dan angket minat belajar siswa.

 

Hasil penelitain dari validasi ahli materi, diperoleh hasil penilaian aspek media 83,3% dan kesesuaian materi 80%. dari hasil validasi ahli media diperoleh hasil penilaian mutu teknis 84% yang masuk dalam kategori sangat baik, dan nilai aspek media 75%  yang masuk dalam kategori baik Berdasarkan hasil perhitungan angket, nilai rata-rata minat belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran wondershare filmorasebesar 59,90% dan sesudah menggunakan media pembelajaran wondershare filmorasebesar 65,10%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan video pembelajaran berbasis Wondershare Filmoraterbukti, dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa dan minat belajar siswa. Disarankan kepada guru dapat diterapkan sebagai salah satu model dalam pembelajaran IPA sehingga dapat memicu motivasi dan inovasi dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI