DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kompos Limbah Baglog Jamur Tiram Putih terhadap Pertumbuhan Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) Varietas Hiyung
PENGARANG:NUR HALIZA DIAN AYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-22


 

Tanaman cabai merupakan tanaman yang disukai masyarakat karena memiliki cita rasa pedas, oleh karena itu banyak dibudidayakan oleh para petani.Salah satu varietas cabai yang ada di Indonesia yaitu cabai rawit hiyung yang berasal dari Desa Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.Dalam kegiatan budidaya, pemupukan memiliki peran yang penting untuk memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman.Pemupukan dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan dapat dilakukan dengan pengunaanpupuk organik misalnya pemberian kompos limbah media tanam jamur tiram putih (baglog).

            Tujuan penelitian adalah mengetahuipengaruh dan dosis terbaik aplikasi kompos limbah baglog jamur tiram putih pada pertumbuhan cabai rawit (Capsicum frutescens L) Varietas Hiyung.Pelaksanaan penelitian pada Februari 2020-Mei2020 dilaksanakan di Kebun Percobaan HortibunAgroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor. Perlakuan yang diuji yaitu k0 = kontrol (tanpa kompos limbah baglog) / 0 ton/ha, k1 = 5 ton/ha kompos limbah baglog / 125 g perlubang, k2 = 10 ton/ha kompos limbah baglog jamur / 250 g perlubang, k3 = 15 ton/ha kompos limbah baglog jamur tiram / 375 g perlubang dan k4 = 20 ton/ha kompos limbah baglog jamur tiram / 500 g perlubang.Perlakuan diulang 4 kali ulangan dengan demikian, terdapat 20 satuan percobaan.

Hasil pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, dan cabang produktif  menunjukan bahwa aplikasi kompos limbah baglog jamur tiram berpengaruh pada pertumbuhan cabai rawit (Capsicum frutescens L) Varietas Hiyung. Rekomendasi perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan k3 (15 ton/ha atau 375 gram perlubang)efektif untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun serta cabang produktif cabai rawit (Capsicum frutescens L) Varietas Hiyung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI