DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNANETRA DI RT 35 KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:YULIA PUTRI HANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-23


 

Yulia Putri Hani, 1610127220015, 2020. “Pola Asuh Orangtua terhadap Kepercayaan Diri Anak Tunanetra di RT. 35 Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat”. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H. Amka, M.Si dan Pembimbing II: Jiyanta, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pola asuh, kepercayaan diri

Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti ketika observasi di lapangan sering menemui anak tunanetra yang kurang memiliki kepercayaan diri, sedangkan anak tunanetra yang menjadi subjek dalam penelitian ini memiliki kepercayaan diri sangat baik. Maka peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai pola asuh yang diberikan oleh orangtua anak tunanetra tersebut sehingga memiliki kepercayaan diri sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola asuh yang diberikan oleh orangtua berkaitan dengan kepercayaan diri anak tunanetra dan faktor yang mempengaruhi pola asuh tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ada 3 orang yaitu ayah, ibu, dan kakak. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orangtua terkait kepercayaan diri anak tunanetra merupakan gabungan dari pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Dibuktikan dengan sikap orangtua yang memberikan kebebasan kepada anak dalam bertingkah laku maupun dalam mengapresiasi dirinya namun tetap diberikan arahan, terbuka terhadap pendapat anak dan akan memberikan pandangan ataupun saran jika pendapat tersebut kurang tepat, toleransi terhadap sikap anak dan mengurangi atau bahkan tidak sama sekali memberikan hukuman dan sanksi kepada anak. Dan faktoryang mempengaruhi pola asuh orangtua ialah kepribadian orangtua dan keyakinan orangtua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI