DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Dan Penanganan Daerah Rawan Kecelakaan Jalan Ahmad Yani (Ruas Km 17 – Km 36) Kota Banjarbaru.
PENGARANG:RENTY IKA ANJARSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-23


Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah yang membutuhkan penanganan serius mengingat besarnya kerugian yang diakibatkannya. Untuk itu kajian yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis terhadap data kecelakaan lalu lintas yang ada. Tugas akhir ini mengambil lokasi Ruas Jalan Ahmad Yani km 17 – km 36 di Banjarbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lokasi dan penyebab kecelakaan jalan agar dapat memberikan upaya penanganan pada daerah rawan kecelakaan nantinya.

Analisa data yang penulis lakukan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan (blackspot) yaitu dengan cara menghitung angka kecelakaan fatal (TF) dan nilai batas UCL. Kejadian kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu manusia (pengemudi), lingkungan, kendaraan dan jalan. Dari hasil analisa data, daerah rawan yang memiliki tingkat keafatalan tertinggi adalah ruas ruas Jl. A. Yani km 24 – Jl. A. Yani km 25, Banjarbaru dengan nilai TF = 2653,768 dan UCL =2389,741. Penanganan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas adalah perbaikan kesadaran penguna jalan dalam berlalu lintas dengan penyuluhan keselamatan berkendara dan pemasangan fasilitas jalan.

 

Kata Kunci: Daerah Rawan Kecelakaan, Kecelakaan, UCL (Upper Control Limit).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI