DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI PENDIDIKAN RUZAIDIN NOOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-25


ABSTRAK

Mahmudah. 2020. Nilai Pendidikan Ruzaidin Noor sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing: (II) Mahmudah Hasanah, M. Pd.

            Sebuah kisah riwayat manusia yang dilihat dari latar kehidupan dengan menggambarkan dari lahir hingga meninggal dunia, baik berupa peristiwa langsung maupun tidak langsung disebut biografi. Biografi dari seorang tokoh Ruzaidin Noor yang mempengaruhi kehidupan masyarakat dapat dijadikan panutan bagi generasi selanjutnya. Dari biografi tersebut terdapat nilai pendidikan yang dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan bagaimana biografi Ruzaidin Noor. (2) Mendeskripsikan bagaimana nilai pendidikan biografi Ruzaidin Noor. (3). Mendeskripsikan bagaimana nilai pendidikan biografi Ruzaidin Noor diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS.

            Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dengan observasi, mencari informasi mengenai nilai pendidikan Ruzaidin Noor melalui wawancara dengan pihak keluarga, teman, rekan kerja dan tenaga pendidik Banjarbaru dan Banjarmasin serta dokumentasi berupa gambar dan dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data sesuai dengan tujuan penelitian, penyajian data baik dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi gambar serta tabel, verifikasi data berbentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan member check, perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber, teknik serta waktu.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Biografi Ruzaidin Noor menceritakan kehidupan dari masa kelahiran, masa sekolah, dan masa kerja. 2) Nilai-nilai pendidikan yang ada pada biografi Ruzaidin Noor yaitu kerja keras, disiplin, tanggung jawab, religius, mandiri, toleransi, bersahabat/komunikatif dan peduli sosial. 3) Integrasi nilai pendidikan sebagai sumber belajar IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dengan kesesuaian materi IPS kelas 7 seperti interaksi sosial dan lembaga sosial, nilai-nilai budaya pada masa praaksara di Indonesia, serta aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan, kelas 8 mengenai pluralitas masyarakat serta konflik dan integrasi sosial dalam kehidupan sosial. 

Simpulan dari penelitian ini adalah ketokohan Ruzaidin Noor sebagai walikota Banjarbaru periode 2010-2015 dapat digali nilai-nilai pendidikan. Berdasarkan perjalanan hidup beliau dapat dilihat dalam aspek moral, cara bekerja hingga hubungan sosialnya diantaranya tanggung jawab, toleransi dan peduli sosial. Nilai-nilai tersebut dapat dimasukkan pada materi IPS terkait interaksi sosial, kehidupan beragama, dan integrasi sosial sebagai sumber belajar.

Kata Kunci: Biografi, Nilai Pendidikan, dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI