DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERPAAN MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SISWA SMA DI BANJARMASIN (Studi Pada Siswa Pengguna Aplikasi Ruangguru Di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:DINNA MARTIARA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-25


 

ABSTRAK

 

Dinna Martiara Rahma, D1C115410, 2020. Pengaruh Terpaan Media Komunikasi Berbasis Online Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sma Di Banjarmasin (Studi Pada Siswa Pengguna Aplikasi Ruangguru Di Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Atika dan Muhammad Muthahhari Ramadhani.

 

Kehadiran teknologi komunikasi semakin mempermudah aktivitas manusia dalam hal berkomunikasi. Salah satunya media komunikasi pendidikan yang hingga saat ini semakin berkembang. Dengan adanya media pembelajaran, diharapkan dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru pada siswa agar lebih giat dalam belajar. Pada telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari sebuah informasi, dan juga dapat digunakan untuk belajar, salah satu aplikasi media pembelajaran yang banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Ruangguru. Aplikasi Ruang Guru merupakan komunikasi pendidikan berbasis online yang bisa memberikan berbagai macam fasilitas pembelajaran. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan Penggunaan Media Komunikasi Berbasis Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMA Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SMA di Banjarmasin dengan jumlah sampel 131 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara, kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara  Terpaan media  (X) dengan minat belajar siswa (Y) dengan nilai korelasi sebesar 0.661 yang dapat dikategorikan dalam hubungan dengan tingkat yang kuat. Didapatkan nilai R2 sebesar 0.437, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terpaan media mempengaruhi minat belajar siswa sebesar 43.7%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini juga relevan dengan hierarki kebutuhan Maslow pada tingkatan aktualisasi diri.

 

Kata kunci :Terpaan Media, Minat Belajar, Media Pembelajaran, teknologi komunikasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI