DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITATIF FLAVONOID FRAKSI ETIL ASETAT DAN N-BUTANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack.) MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS
PENGARANG:MUHIP LOCTHIAN DHEINHA AL ADZEMMY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-25


ABSTRAK

 

ANALISIS KUALITATIF FLAVONOID FRAKSI ETIL ASETAT DAN N-BUTANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack.) MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS (Oleh Muhip Locthian Dheinha Al Adzemmy; Pembimbing : Fadlilaturrahmah, M. Ikhwan Rizki; 2020, 32 Halaman)

 

Tanaman sungkai (Peronema canescens) mengandung flavonoid pada bagian daun. Pada bagian daun tanaman Peronema canescens digunakan sebagai obat pilek, demam, obat cacingan (ringworms), dan sebagai obat kumur pencegah sakit gigi. Masyarakat di Sumatera Selatan dan Lampung sebagian menggunakan daun P. canescens sebagai antimalaria dan obat demam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya senyawa flavonoid yang terdapat pada fraksi etil asetat dan n-butonol daun P. canescens menggunakan metode KLT serta mengetahui profil KLT dari senyawa flavonoid pada fraksi etil asetat dan n-butanol daun P. canescens. Metode yang digunakan yaitu menggunakan pereaksi warna dan kromatografi lapis tipis. Hasil persen rendemen yang didapat pada penelitian ini dari yang terbesar adalah n-heksan (11,15%), n-butanol (7,875%) dan etil asetat (2,775%). Hasil dari pereaksi warna menggunakan AlCl3 pada fraksi etil asetat dan n-butanol menunjukan hasil positif dengan adanya perubahan warna menjadi kekuningan. Profil KLT menunjukan hasil positif dengan terbentuknya warna kekuningan pada bercak setelah diuapkan dengan ammonia dengan nilai Rf fraksi etil asetat sebesar 0,66 dan pada fraksi n-butanol sebesar 0,64.

 

Kata Kunci : P. canescens, flavonoid, fraksi etil asetat, fraksi n-butanol, KLT.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI