DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI KESETIMBANGAN LARUTAN DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:SISILIANA. B.Z
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-25


Abstrak. Penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis google classroom ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy, pengetahuan dan respon peserta didik pada materi kesetimbangan larutan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 36 orang peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Banjarmasin. Instrumen tes untuk mengukur hasil belajaraspek pengetahuanberupa 10 soal pilihan ganda. Instrumen non tes berupa observasi aktivitas guru dan peserta didik, angket self-efficacy, angket respon serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar aspek pengetahuan terjadi peningkatan dengan nilai hasil evaluasi sebesar 77,78% (kategori sedang pada siklus I) menjadi 85,3% (kategori tinggi pada siklus II), (2) Self-efficacy peserta didik mengalami peningkatan dari 62,15% (kategori cukup baik pada siklus I) menjadi 69,89% (kategori baik pada siklus II), (3) Peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis google classroom. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbasis google classroom dapat diterapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan self-efficacy peserta didik.

 

Kata kunci:Guided inquiry, google classroom, pengetahuan, self-efficacy, kesetimbangan larutan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI