DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DIAGNOSIS KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN METODE ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System)
PENGARANG:Muhamad Aulia Rahman
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-02-12


DIAGNOSIS KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN METODE ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System) (Oleh : Muhamad Aulia Rahman; Pembimbing: Oni Soesanto; Dewi Sri Susanti; 2018; 53 halaman)
Kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk dari sel-sel payudara yang tumbuh dan berkembang tanpa terkendali sehingga dapat menyebar diantara jaringan di dekat payudara atau ke bagian lainnya. Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) adalah gabungan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan sistem inferensi fuzzy model Takagi-Sugeno-Kang (TSK). Metode ANFIS memiliki 5 layer dengan fungsi yang berbeda pada setiap layernya. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan metode ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System) dalam diagnosis kanker payudara. Penelitian ini bersifat studi literatur. Model ANFIS menggunakan algoritma hybrid yang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian maju (forward) dan bagian mundur (backward). Bagian maju (forward) menggunakan metode Least Squares Estimator (LSE) untuk mencari nilai parameter konsekuen sedangkan bagian mundur (backward) menggunakan metode Gradien Descent untuk memperbaharui parameter premis. Pada penelitian ini digunakan 10 data Wisconsin Diagnostic Breast Cancer (WDBC) untuk proses training dan diperoleh nilai rata-rata kuadrat error (MSE) sebesar . Pada proses testing digunakan 10 data input yang berbeda dan diperoleh nilai rata-rata kuadrat error (MSE) dari keluaran jaringan adaptif sebesar .
Kata Kunci: Kanker Payudara, Jaringan Syaraf Tiruan (JST), Sistem Inferensi Fuzzy TSK, Metode Least Squares Estimator (LSE), metode Gradien Descent.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI