DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERBEDAAN JARAK ANTAR TALI CABANG PADA RAWAI DASAR TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN BAUNG (Mystus nemurus) DI PERAIRAN DESA SUNGAI BATANG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HOLLIS VADILA AZIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-25


ABSTRAK

Hollis Vadila Azis Program Studi Perikanan Tangkap. Pengaruh Perbedaan Jarak Antar Tali Cabang Pada Rawai Dasar Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Baung (Mystus nemurus) di Perairan Desa Sungai Batang Kabupaten Banjar di bawah bimbingan Dr. Ir. Rusmilyansari, MP sebagai ketua pembimbing dan Ir. Irhamsyah, M.Si sebagai anggota pembimbing.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan jarak antar tali cabang 1,5 m dan 2,5 m terhadap hasil tangkapan Ikan Baung (Mystus nemurus). Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk sumber informasi teknologi bagi nelayan tentang rawai dasar (bottom long line) dengan jarak antar tali cabang yang efektif untuk meningkatkan hasil tangkapan. Metode yang digunakan adalah metode Experimental fishing dengan 2 perlakuan yaitu jarak antar tali cabang yang berbeda. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan Uji F dilakukan dengan analisis sidik ragam atau ANOVA (Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukan perbedaan jarak antar tali cabang memberikan pengaruh terhadap hasil tangkapan ikan baung (mystus nemurus) yaitu jarak antar tali cabang 2,5 m tertangkap ikan baung sebanyak 69 ekor dan pada jarak tali cabang 1,5 m tertangkap ikan baung sebanyak 40 ekor.

 

Kata Kunci : Rawai Dasar, Tali Cabang, Ikan Baung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI