DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MENGGUNAKAN METODE DPPH DARI EKSTRAK METANOL DAUN TIGARON (Crateva religiosa)
PENGARANG:AZITA SAFARINA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


ABSTRAK

 

PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN AKTIVITAS  ANTIOKSIDAN MENGGUNAKAN METODE DPPH DARI EKSTRAK METANOL DAUN TIGARON  (Crateva religiosa) (Oleh : Azita Safarina Pratiwi; Pembimbing : Nashrul Wathan & Fadlilaturrahmah; 2020;  28 Halaman)

 

            Tigaron (Crateva religiosa) merupakan tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan tradisional seperti antihipertensi dan diuretik. Proses ekstraksi Tigaron dilakukan dengan menggunakan pelarut metanol. Adanya penelitian terdahulu yang menyebut bahwa Crateva nurvala yang masih satu genus dengan Crateva religiosa memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dilakukan penelitian untuk menetapkan kadar flavonoid total yang terkandung pada daun Crateva religiosa serta menguji aktivitas antioksidan pada ekstrak metanol daun Crateva religiosa. Aktivitas antioksidan ekstrak metanol daun tigaron dilakukan dengan metode DPPH dan ditetapkan aktivitasnya dalam nilai Inhibition Concentration 50 (IC50). Penelitian ini menggunakan metode DPPH dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun Crateva religiosa memiliki kadar flavonoid total sebesar 4,251 ± 0,140 %b/bEkivalen Kuersertin  dan memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 sebesar 35,804 ± 16,658 ppm. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daun Crateva religiosa memiliki aktivitas antioksidan yang sangat aktif.

Kata Kunci : Flavonoid, Antioksidan, spektrofotometer UV-Vis, DPPH

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI