DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN DILAPANGAN PADA PEKERJAAN PERBAIKAN DESA MELAYU KEC. MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:IKHWAN MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


ABSTRAK

 

Ikhwan Maulana (2020). Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Biaya dan Waktu Pelaksanaan Dilapangan Pada Pekerjaan Perbaikan Desa Melayu Kec. Martapura Timur. Dosen Pembimbing : Eliatun, S.T., M.T.

Proyek adalah suatu rangkaian kegiatan pekerjaan yang diadakan dalam waktu yang tertentu dan mempunyai tujuan khusus. Dalam upaya mengatur atau memanajemen sebuah pekerjaan proyek kontraktor harus membuat perencanaan waktu, tenaga kerja, dan biaya proyek konstruksi bidang trasportasi. Sehingga diperlukanlah data-data proyek berupa gambar rencana (site plan, denah plan, dll), analisahargasatuandandatalainnya.SehinggamenghasilkanRencanaAnggaranBiayadanTime Schedule.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Time Schedule penting karena setiap pekerjaan mempunyai ongkos pekerjaan dan jumlah tenaga kerja yang berbeda-beda serta waktupengerjaan yang berbeda juga. Dalam Pekerjaan proyek ini agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan aktivitas trasnportasi dan kelangsungan hidupsehari-hari

Waktu dan biaya merupakan hal yang saling berkaitan dengan suatu pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Perencanaan yang baik dapat menghemat penggunaan biaya dan waktu tersebut. Berdasarkan perencanaan yang telah dilakukan maka saat pelaksanaan pekerjaan konstruksi, seorang kontraktor dapat memperkirakan biaya dan waktu pekerjaan sehingga mampu mengontrol dengan baik pekerjaan di lapangan. Dari perencanaan yang sudah dibuat, diketahui biaya suatu pekerjaan serta waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaannya. Selain itu dari perencanaan tersebut dapat diketahui produktivitas yang harus dicapai per harinya sehingga memudahkan dalam hal pengaturan penggunaan tenaga kerja serta pengontrolan biaya pekerjaan di lapangan. Dalam tugas akhir ini dibahas tentang produktivitas tenaga kerja serta biaya realisasi masing-masing item pekerjaan dan membandingkannya dengan data perencanaan yaitu RAB dan Time Schedule. Adapun proyek yang digunakan sebagai objek dalam tugas akhir ini adalah Perbaikan Jalan Desa Melayu Kecamatan Martapura Timur dengan panjang 692 meter. 

Berdasarkan hasil dari perhitungan analisa, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan proyek jalan dengan panjang fungsional 697 m berdasarkan perencanaan adalah 120 hari dengan rencana anggaran upah pekerja dengan total Rp. 23.907.424,40 sedangkan realisasi dilapangan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek konstruksi jalan panjang 697 m adalah 59 hari dengan realisasi upah pekerja dengan total Rp. 14.624.569,10. Maka dari itu realisasi pelaksanaan dilapangan untuk pembangunan proyek konstruksi jalan panjang 697 m lebih cepat 61 hari dari waktu perencanaan dan menghemat pengeluaran upah pekerjaan sebesar Rp. 9.282.855.

Kata Kunci : Biaya dan Waktu Pelaksanaan, Perencanaan, Realisasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI