DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pemberian Beberapa Dosis Trichokompos terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica oleracea var. brotrytis L.).
PENGARANG:MUHAMMAD HENDRIAWAN SAPUTRA ADMAJA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


Kubis bunga memiliki peluang pasar yang luas baik di dalam maupun luar negeri. Di Kalimantan Selatan, permintaankonsumenterhadapkubisbungaterusmeningkat,namunproduksikubisbungasendirimasihkurangpadahal ketersediaan lahan untuk budidaya yang ada di Kalimantan Selatan sangatlah luas. Tanah di Kalimantan Selatan berpotensi dikembangkan sebagai lahan pertanian namun ada beberapa kendala yang harus diatasi, diantaranya adalah kejenuhan basa yang rendah dan ketersediaan hara tertentu yang masih kurang. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada tanah adalah pemupukan. Trichokompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang memilikimanfaatsangatbagusbagitanaman.Pupukinimemilikimanfaatantaralainmenyuplaiharamakrodanmikro, memperbaiki struktur tanah, memudahkan pertumbuhan akar tanaman, menahan air, meningkatkan aktivitas biologis mikroorganisme tanah yang menguntungkan, meningkatkan pH pada tanah masam dan sebagai agensi hayati penyakit tanah.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap faktor tunggal dengan perlakuan dosis trichokompos sebanyak 4 taraf dan diulang sebanyak 5 kali. Adapun taraf perlakuan dosis yang digunakan antara lain : a1 (20 t/ha), a2 (30 t/ha), a3 (40 t/ha) dan a4 (50 t/ha). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah pertambahan tinggi tanaman, pertambahan jumlah daun, pertambahan diameter batang, umur berbunga, berat basah bunga dan berat total tanaman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberian pupuk trichokompos memberikan hasil yang berbeda nyata terhadappertambahantinggitanaman,pertambahandiameterbatang,beratbasahbungadanberattotaltanaman,namun tidak memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap pertambahan jumlah daun dan umur berbunga. Dari penelitian ini didapatkan bahwa perlakuan trichokompos dengan dosis 30 t/ha mampu memberikan hasil yang terbaik terhadap pertambahantinggitanaman, beratbungapertanamandanberattotaltanaman, perlakuan ini tidak berbeda nyata dengan perlakuan 40 t/ha pada ketiga variabel pengamatan tersebut. Sementaraperlakuantrichokompospada dosis 40 t/ha memberikan hasil yang terbaik terhadap pertambahan diameterbatang.

 

Kata Kunci : Trichokompos, dosis, kubis bunga, pertumbuhan, hasil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI