DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN SIKAP TERHADAP PROFESI, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:Zulkipli
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


Peran dan layanan sekolah adalah mengemban tugas dalam memberikan

pelayanan yang optimal kepada peserta didik agar mereka memiliki pengetahuan,

ketrampilan dan perilaku yang berkualitas sehingga guru harus senantiasa

memaksimalkan kinerja yaitu tugas menyampaikan pengetahuan dan ketrampilan,

menanamkan akhlak dan budi pekerti yang luhur serta sikap yang peka terhadap

lingkungan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan

sikap terhadap profesi, motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja guru pada SMP Negeri

di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (2) Menganalisis hubungan langsung sikap terhadap

profesi, motivasi kerja dan disiplin kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di

Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan

desain hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di

Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebanyak 348 orang guru. Penarikan sampel dalam

penelitian ini dilakukan dengan teknik Proportionate Random Sampling (Sampel

Random Secara Proporsional) sehingga diperoleh sampel sebanyak 186 orang guru.

Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan angket sebagai satu-satunya alat

pengumpul data. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis

Jalur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada hubungan langsung sikap terhadap profesi

dengan disiplin kerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (2)

Ada hubungan langsung motivasi kerja dengan disiplin kerja guru pada SMP Negeri di

Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (3) Ada hubungan langsung sikap terhadap profesi

dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (4) Ada

hubungan langsung motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten

Hulu Sungai Tengah, (5) Ada hubungan langsung disiplin kerja dengan kinerja guru

pada SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (6) Ada hubungan langsung sikap

terhadap profesi dengan kinerja guru tanpa melalui disiplin kerja pada SMP Negeri di

Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan (7) Ada hubungan langsung motivasi kerja dengan

kinerja guru tanpa melalui disiplin kerja pada SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai

Tengah.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru SMP Negeri agar lebih

meningkatkan kinerjanya dalam hal pengelolaan kelas dan pengembangan potensi

peserta didik melalui pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang kondusif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI