DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Jorong di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:DIKY NURMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


ABSTRAK

Diky Nurmawan, 1610413110006, 2020: Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Jorong di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Di bawah bimbingan Mahyuni 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari seberapa besar tingkat partisipasi masyarakat didalam proses pembangunan di desa Jorong Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Kemudian dideskripsikan dan dianalisis dari aspek, partisipasi dalam perencanaan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pemanfaatan hasil dan partisipasi dalam evaluasi.

 

Untuk mencapai tujuan dari penelitian, menggunakan metode kuantitatif sedangkan untuk mengarahkan dan menganalisis alat ukur data yang digunakan ialah data interval. Yang digunakan dalam penelitian yaitu skala likert. Variabel penelitian adalah partisipasi masyarakat didalam pembangunan desa. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, sedangkan teknik analisis menggunakan teknik analisis parsial dan teknik analisis total keseluruhan.

 

Hasil penelitian yang terdiri dari 7 indikator dan 4 dimensi masing -masing menujukan intelegensi tinggi dengan persentase setiap dimensi yaitu, pertama berdsarkan dimensi partisipasi dalam perencanaan dengan persentase masing-masing indikator yang pertama, keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa masuk dalam kategori tinggi pada interval 734-1.040, yang kedua, perencanaan mencerminkan kepentingan dan kebutuhan semua pihak masuk ke dalam kategori tinggi pada interval 445-520, yang ketiga, perencanaan disiapkan dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang memenuhi sikap saling percaya masuk ke dalam kategori tinggi pada interval 644-750, yang keempat, selalu menekankan kerja sama masuk ke dalam kategori sangat tinggi pada interval 445-520. Kemudian berdasarkan dimensi partisipasi dalam pelaksanaan dengan indikator keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa masuk ke dalam kategori tinggi pada interval 821-1.040, kemudian berdasarkan dimensi partisipasi dalam pemanfaatan hasil dengan indikator keterlibatan masyarakat dalam memelihara hasil pembangunan masuk ke dalam kategori tinggi pada interval 560-780 , dan bersarkan dimensi partisipasi dalam evaluasi dengan indikator ikut andil dalam evaluasi pembangunan desa masuk ke dalam kategori tinggi pada interval 577-780 ,sedangkan analisis secara keseluruhan dari total dimensi yang terbagi dalam 7 indikator yaitu berada pada interval 4.266-5.460 hasil ini menunjukan bahwa total keseluruhan masuk dalam kategori tinggi.

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk semua pihak agar memperbaiki kinerja, dipertahankan dan ditingkatkan lagi upaya-upaya partisipasi masyarakat agar semakin tinggi.

Kata kunci: Partisipasi Masyarakat dan Pembangunan

Desa Jorong di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI