DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Guru Pembimbing Khusus Non PLB dalam Layanan Pembelajaran ABK di SDN Handil Bakti
PENGARANG:NUR LAILA AUDYNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-26


ABSTRAK

 

 

Nur Laila Audyna, 1610127320015, 2020. Peran Guru Pembimbing Khusus Non PLB dalam Layanan Pembelajaran ABK di SDN Handil Bakti” Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Chairil Faif Pasani dan Pembimbing II: Hayatun Thaibah.

 

Kata Kunci: Peran Guru Pembimbing Khusus non PLB, Layanan   Pembelajaran ABK

 

Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya guru pembimbing khusus dengan latar belakang PLB di SDN Handil Bakti yang letaknya di pinggir jalan lintas provinsi Kalsel-Kalteng. Diketahui SDN Handil Bakti termasuk salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan terdapat siswa berkebutuhan khusus. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai peran apa yang dilakukan oleh guru pembimbing khusus non PLB yang ada di SDN Handil Bakti dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru pedamping khusus non PLB dalam layanan pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ada 2 orang guru pembimbing khusus non PLB. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah membercheck dan ketekunan pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembimbing khusus non PLB SDN Handil Bakti tidak melakukan asesmen dan membuat program khusus untuk siswa berkebutuhan khusus secara menyeluruh sehingga peran pada perencanaan pembelajaran belum sepenuhnya dilakukan. Guru pembimbing khusus non PLB berperan dalam melakukan modifikasi pada metode dan materi yang disampaikan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Begitu pula pada evaluasi pembelajaran guru pembimbing khusus non PLB berperan dalam melakukan modifikasi bentuk dan jumlah soal yang menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa berkebutuhan khusus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI