DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Teknologi Edible Coating Menggunakan Lilin Lebah (Beeswax) dan Kitosan Terhdap Mutu Buah Jambu Kristal (Psidium guajava L. VAR. KRISTAL)
PENGARANG:NARITHA YOLANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-27


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian lilin lebah (Beeswax) dan kitosan terhadap mutu buah jambu kristal (Psidium guajava L. Var. Kristal) dan untuk mengetahui formulasi yang tepat dari pemberian lilin lebah (Beeswax) dan kitosan terhadap mutu buah jambu kristal (Psidium guajava L. Var. Kristal). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat pada Juli sampai dengan September 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktor yaitu tanpa pelapisana atau kontrol (P0), lilin lebah 4% (P1), kitosan 2,5% (P2) dan kombinasi (P3). Tolak ukur pengamatan adalah susut bobot, tekstur buah, warna buah, rasa buah, dan aroma buah.

Buah jambu kristal yang digunakan pada penelitian ini adalah buah jambu fase matang hijau muda yang telah dipanen dan  dibawa ke Laboratorium Terpadu Jurusan Agroekoteknologi untuk pengaplikasian bahan pelapis dengan tiga macam perlakuan dan satu kontrol atau tanpa perlakuan dan disimpan selama empat belas hari dalam suhu ruangan dengan parameter pengamatan mutu berupa data susut bobot dan data uji organoleptik berupa warna, tekstur, dan rasa buah. Data susut bobot dan data uji organoleptik dianalisis menggunakan metode De-Garmo untuk menentukan perlakuan terbaik.

Hasil penelitian menunjukkan teknologi edible coating Perlakuan lilin lebah berpengaruh sangat nyata terhadap penyimpanan buah jambu kristal berdasarkan parameter mutu bobot buah, tekstur buah, warna buah, rasa buah dan aroma buah mengindikasikan perlakuan lilin lebah menjadi perlakuan terbaik. Berdasarkan perhitungan metode De-Garmo formulasi yang tepat terhadap mutu buah jambu kristal adalah pada perlakuan lilin lebah 4% dengan hasil perhitungan terbaik hari ke 7 sampai 14 dengan total nilai produk 36,8.

 

Kata Kunci : edible coating, lilin lebah, kitosan dan jambu kristal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI