DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018
PENGARANG:RENA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-27


ABSTRAKSI

Rena Amalia (2020). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Integritas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Pembimbing: Enny Hardi, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis kepemilikan institusional terhadap integritas laporan keuangan; (2) mengetahui dan menganalisis dewan direksi terhadap integritas laporan keuangan; (3) mengetahui dan menganalisis komisaris independen terhadap integritas laporan keuangan; (4) mengetahui dan menganalisis komite audit terhadap integritas laporan keuangan; (5) mengetahui dan menganalisis ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang tergolong sebagai hypothesistesting. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diambil adalah 9 perusahaan otomotif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda yang didahului dengan melakukan Uji Asumsi Klasik.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap integritas laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar kepemilikan institusional, maka akan semakin rendah integritas laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan. Hasil lainnya dalam penelitian ini membuktikan bahwa variabel dewan direksi, komisaris independen, komite audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penelitian mengenai variabel dewan direksi, komisaris independen, komite audit dan ukuran perusahaan perlu terus diteliti guna menemukan pengaruhnya terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan otomotif.

Kata Kunci: Mekanisme Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Integritas Laporan Keuangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI