DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI BIOGRAFI H. ABDUL AZIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:M. RIDHA ILHAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-28


Tokoh H. Abdul Azis adalah sosok sukses dan teladan di Kalimantan Selatan. Walaupun hanya berpendidikan rendah yakni SMPN Bagian A Amuntai, Abdul Azis berhasil menjadi Camat, Ketua DPRD Hulu Sungai Utarahingga Bupati/Kepala Dati II Barito Kuala dua periode, tahun 1978-1987. Pada sisi lain, Azis adalah kepala keluarga sukses mendidik anak anaknya. Tujuan penelitian, menjelaskan biografi dan mendes-kripsikan nilai-nilai dari biografi H. Abdul Azis. Berikutnya, menguraikan upaya menjadikan nilai-nilai dari biografi H. Abdul Azis sebagai sumber belajar IPS.

Dalam penelitian ini menggunakan dua metode. Pertama metode deskriptif kualitatif yaitupenelitian untuk memberikan penjelasan yang cermat tentang situasi-situasi sosial yang berupa uraian kalimat dan datanya tidak berhubungandengan angka-angka.Kemudian metode sejarah, dengan tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Mengumpulkan sumber-sumber lisan, sumber sumber tertulis maupun sumber benda peninggalan masa lampau, kemudian dikritik dan diinterpretasi sehingga menghasilkan tulisan sejarah.

Hasil penelitian menunjukkanAbdul Aziz lahir di Desa Telaga Silaba, Hulu Sungai Utara, 31 Desember 1936. Lulusan SMPN Bagian A Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU). Menjabat Mantri Pamong tahun 1950 an, kemudian Camat Sungai Turak (1962), Danau Panggang (1965) serta Paringin (1968). Kabag Pemerintahan Sekwilda hingga Ketua DPRD Dati II HSU (1968-1978). Bupati Barito Kuala dua periode 1978-1983 dan 1978-1983. Meninggal di Banjarmasin, 13 Januari 1987. H. Abdul Azis memiliki nilai disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan peduli sosialyang menunjangnya, sehingga sukses sebagai pejabat pemerintahan dan berhasil membina keluarga. Nilai nilai dari biografi H. Abdul Azis dapat dijadikan sumber belajar IPSdengan mengintegrasikannya dalam Silabus dan RPP IPS SMP/MTs Kelas IX.

Kesimpulan penelitian, bahwa dari biografi H. Abdul azis, terdapat empat nilai utama yakni nilai disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan peduli sosialyang dapat dijadikan sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI