DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PEMBINAAN PEMERINTAH DALAM MENJAGA EKSISTENSI KERAJINAN TANGGUI DI KELURAHAN ALALAK SELATAN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA.
PENGARANG:DEDY WAHIDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-28


Abstrak

Wahidin, Dedy 2020. PERANAN PEMBINAAN PEMERINTAH DALAM MENJAGA EKSISTENSI KERAJINAN TANGGUI DI KELURAHAN ALALAK SELATAN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM. , Pembimbing 2 Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksistensi kerajinan tanggui dilihat dari pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah terkait. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu pemilik industri kain sasirangan. Sumber data ialah data primer. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) Instansi Pemerintah yang menaungi UMKM dalam melaksanakan tugasnya yaitu pembinaan, masih kurang maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialiasi, koordinasi, dan komunikasi yang dilakukan oleh instansi – instansi tersebut mengakibatkan adanya pengrajin tanggui yang belum tersentuh pembinaan. (2) Para pengrajin kurang berinisiatif untuk menggali informasi terkait pembinaan UMKM yang dilakukan oleh pemerintah setempat, sehingga koordinasi antara dinas maupun pengrajin tidak berjalan dengan baik.

 

Kata Kunci: Kerajinan tanggui, Pembinaan, Instansi Pemerintah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI