DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN IKAN NILA STUDI KASUS DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) MELATI KARAMBA JARING APUNG DESA SUNGAI ALANG KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MIRA ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-28


 

ABSTRAK

 

              Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan merupakan desa yang memiliki banyak pontensi dibidang perikanan khusus nya pada media Karamba Jaring Apung dengan komoditi Ikan Nila yang biasa digunakan masyarakat, usaha pembudidaya ikan ini merupakan sumber penghasilan yang ada di desa tersebut dengan memanfaatkan sungai yang membentang disekitaran desa sungai alang. Permasalahan yang terjadi pada Kelompok Pembudidaya Ikan Melati adalah kematian ikan yang mengakibatkan banyaknya kerugian yang dialami dan permasalahan akses pemasaran ikan untuk luar daerah Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan usaha dan menganalisis pemasaran pembesaran ikan nila pada POKDAKAN Melati Karamba Jaring Apung Desa Sungai Alang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Metode Primer, Sekunder, Wawancara, Observasi, Snowball Sampling, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan POKDAKAN Melati layak dan menguntungkan untuk dikembangkan dengan hasil keuntungan rata-rata per bulan nya sebesar Rp. 5.309.863,2 dalam kurun waktu pengembalian 0,46 tahun atau 5 bulan 16 hari, dengan jumlah NPV 7% sebesar Rp. 418.052.002 , Net BCR 7% sebesar 1,35 % dan nilai IRR 136,74% sedangkan untuk salurannya pemasaran didapatkan 2 saluran pemasaran yaitu saluran semi langsung dan saluran tidak langsung dengan jumlah analisis Farmer Share 78% yang mana dapat dikatakan efisien.

 

 

 

Kata Kunci : Analisis Usaha, Ikan Nila, Studi Kasus, POKDAKAN Melati

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI