DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK FERROSULFAT HEPTAHIDRAT DARI SCRAP IRON DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES SINTESIS ASAM SULFAT KAPASITAS 24.000 TON/TAHUN
PENGARANG:MARLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-29


Ferrosulfat heptahidrat umumnya digunakan dalam industri farmasi, industri tekstil, bahan pembuatan tinta dan lain-lain. Ferosulfat heptahidrat (FeSO4.7H2O) berbentuk biru-hijau kristal monoklinik yang sangat larut dalam air dan agak larut dalam alkohol.Ferrosulfat heptahidrat dibuat denganmereaksikanscrapirondanasamsulfatdengansintesisasamsulfat.

Pembuatan ferrosulfat heptahidrat dilakukan dalam reaktor alir Tangki berpengaduk (RATB) dengan reaksi bersifat seri eksotermis. Reaksi berlangsung pada suhu 50? dan tekanan 1 atm. Hasil keluaran reaktor dialirkan ke rotary drum vacuum filter untuk pemisahan antara impuritisdanfiltrat.Produkfiltratakandipompakandenganpompamenujuevaporatoryangberoperasi pada suhu 100,74? dan tekanan 1 atm untuk memekatkan FeSO4.7H2O dengan cara menguapkan kandungan air yang masih tersimpan. Produk dari evaporator diumpankan ke dalam crystalizer yang berfungsi untuk membentuk kristal FeSO4.7H2O. Crystalizer beroperasi pada suhu 30? dan tekanan 1 atm. Kristal yang terbentuk dari proses kristalisasi akan dipisahkan menggunakan centrifuge setelah itu kristal FeSO4.7H2O akan diumpankan ke dalam alat pengering rotary dryer yang beroperasi pada suhu 45? dan tekanan 1 atm. Kristal FeSO4.7H2O yang terikut bersama udara pengering ditangkap oleh cyclone. Pada cyclone dipisahkan antara kristal FeSO4.7H2Odenganudarapengering.Kristalferrosulfatheptahidratkeringyangkeluardarirotarydryer bersamaan dengan hasil dari cyclone diangkut dengan bucket elevator menuju ballmill untuk menghaluskan kristal FeSO4.7H2O kemudian disaring menggunakan screener untuk menyeragamkan ukuran produk. Selanjutnya diangkut menggunakan bucket elevator menuju silo produk.Diperoleh produkferrosulfatheptahidratdengankemurnian98.3%.

Pabrik berlokasi di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, provinsi Jawa Timur dengan luas tanah yang dibutuhkan adalah 36.470 m2. Pabrik ferrosulfat heptahidrat direncanakan beroperasi 330 hari selama 1 tahun. Struktur organisasi pabrik ini direncankan line and staff dengan bentuk perusahaan PT (Perseroan Terbatas). Sistem kerja karyawan terdiri dari karyawan shift dan non-shift yang dibagi berdasarkan jam kerja. Total karyawan pabrik ini berjumlah 194 orang.Hasil analisa ekonomi pabrik ini diperoleh dari perhitungan dengan hasil Percent Return of Investment (ROI) sesudah pajak sebesar 15%. Pay out Time (POT) sesudah pajak sebesar 3,95 tahun. Break Even Point (BEP) sebesar 47% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 25%. Berdasarkan pertimbangan evaluasi ekonomi tersebut, maka pabrik ferrosulfat heptahidrat dari scrapiron dan asam sulfat dengan proses sintesis asam sulfat kapasitas 24.000 Ton/Tahun ini layak untuk didirikan.

 

Kata Kunci: asam sulfat, ferrosulfat heptahidrat, Scrap iron

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI