DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Efektivitas Pemompaan Lumpur Pada Pit 4 Barat PT DARMAHENWA Site Asam-Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimanatan Selatan.
PENGARANG:AKHMAD FADILLAH DANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-28


Pada PT Darmahenwa site Asam-Asam . Terdapat aktivitas pemindahan lumpur yang menggunakan metode pemompaan lumpur dengan pompa lumpur yang berkemampuan memompa lumpur dengan standar specfic gravity sebesar 1,3. PT DH mentargetkan pemompaan lumpur sebanyak 543.238 m3 dengan specific gravity sebesar 1,9 yang terletak pada Pit 4 blok 18-21 . Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan penambangan batubara.

 Pada pemindahan lumpur yang menggunakan metode pemompaan lumpur alat yang digunakan adalah excvator amphibious dengan tipe pompa Dragflow HY 85/160, kemudian ditambah dengan dua booster dengan tipe masing-masing yaitu Horizontal Pump 8/6 AH dan LCC-H-200-610 serta penampung lumpur sementara (slurrytank) pada setiap booster.

Hasil penelitian pada bulan september 2019 yang menggunakan data jam kerja, debit pemompaan serta specific gravity lumpur dengan hasil pengolahan data yang didapat yaitu nilai physical avaibility serta use of avaibility alat yang didapat sebesar 51% dan 59% dari perencanaan awal sebear 85% dan 82%, pengelohan data kedua yang didapat yaitu debit rata-rata perbulan sebesar 222 m3 dari perencanaan awal sebesar 250 m3 serta pengolahan data ketiga yaitu rata-rata specific gravity lumpur pemompaan sebesar 1,23 dari perencanaan awal sebesar 1,3. Dari keseluruhan didapat hasil akhir estimassi durasi pemompaan lumpur yang didasarkan dari volume material padatan terpompa yang mana pada hasil pemompaan aktual didapat estimasi durasi pemompaan yang dibutuhkan adalah selama 17,4 bulan sedangkan apabila menggunakan hasil pemompaan rencana estimasi durasi pemompaan lumpur yang didapat yaitu selama 6,4 bulan dan apabila perusahaan menginginkan target pemompaan hanya selama tiga bulan makan dibutuhkan penambahan fleet kerja sehingga fleet menjadi 2 dan durasi pemompaan dari data perencanaan sebesar 6,4 bulan dapat dipotong menjadi 3,2 bulan.

 

Kata Kunci: Lumpur, Pemompaan, Pomps Lumpur, Jam Kerja, Debit, Specific Gravity.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI