DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:Marsya Aulia Djasmine
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-28


 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi efikasi diri, motivasi belajar dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 235 orang pada siswa Akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakankuesioner, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi ganda, korelasi, dan korelasi parsial.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 86 siswa (36,60%), motivasi belajar dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 98 siswa (41,70%), konformitas teman sebaya dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 97 siswa (41,30%) dan perilaku menyontek dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 79siswa (33,60%).

            Hasil uji hipotesis secara keseluruhan menunjukkan bahwa efikasi diri, motivasi belajar dan konformitas teman sebaya memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perilaku menyontek dengan hasil R = 0,510 dengan Fhitung = 27,117 > Ftabel = 2,644; p < 0,05. Hasil untuk kelas X Akuntansi sebesar R = 0,452 dengan Fhitung = 6,403 > Ftabel = 2,727; p < 0,05. Hasil untuk kelas XI Akuntansi sebesar R = 0,402 dengan Fhitung = 2,958 > Ftabel = 2,807; p < 0,05. Hasil untuk kelas XII Akuntansi sebesar R = 0,658 dengan Fhitung = 25,962 > Ftabel = 2,694; p < 0,05. Hasil untuk jenis kelamin laki-laki sebesar R = 0,664 dengan Fhitung = 13,410 > Ftabel = 2,786; p < 0,05. Hasil untuk jenis kelamin perempuan sebesar R = 0,463 dengan Fhitung = 15,985 > Ftabel = 2,656; p < 0,05.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI