DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SENSUALITAS PADA IKLAN “PINK STAR” BASKIN ROBBINS YANG DIRILIS DI KOREA (Analisis Semiotika Pada Iklan Baskin Robbins Yang Dibintangi Oleh Ella Gross)
PENGARANG:CLAUDYA LARASATY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-29


Claudya Larasaty, 1610414220004, 2020, Sensualitas Pada Iklan “Pink Star” Baskin Robbins Yang Dirilis Di Korea (Analisis Semiotika Pada Iklan Baskin Robbins Yang Dibintangi Oleh Ella Gross). Dibimbing oleh Dr. Fahrianoor, M.Si dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom, MA.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Peirce mengkategorikan teori semiotikanya sebagai teori segitiga makna yang terdiri dari tiga elemen utama yakni, ground, object dan interpretant. Berdasarkan ketiga elemen itu, Peirce kembali mengklasifikasikannya secara khusus, yaitu yang pertama ground yang terdiri dari qualisign, sinsign, dan legisign. Yang kedua object yang terdiri dari ikonik, indeksikal dan simbol. Yang ketiga adalah interpretant yang terdiri dari rheme, decisign dan argument.

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis unsur sensualitas pada iklan secara keseluruhan, yakni terhadap 49 gambar yang disajikan dalam iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “SENSUALITAS PADA IKLAN “PINK STAR” BASKIN ROBBINS YANG DIRILIS DI KOREA (Analisis Semiotika Pada Iklan Baskin Robbins Yang Dibintangi Oleh Ella Gross)” mengandung nilai sensualitas dengan mengeksploitir beberapa bagian tubuh tertentu, yakni bagian yang menampilkan bagian lengan hingga leher sang model iklan yang mengenakan dress tanpa lengan, shot Close Up pada wajah yatu bagian mata dan bibir sang model.

Kata Kunci : Sensualitas, Sensualitas Iklan, Iklan Baskin Robbins, Semiotika Charles Sanders Peirce, Semiotika Segitiga Makna.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI