DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PADA PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR DI KELURAHAN TAMPANG TUMBANG ANJIR KECAMATAN KURUN KABUPATEN GUNUNG MAS
PENGARANG:ERIS OKTANI MAYA SINTHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-29


ABSTRAK

Eris Oktani Maya Sintha. 2020. Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir di Kelurahan Tampang        Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas. Pembimbing:               Prof. Dr. H. Budi Suryadi, M.Si; Dr. M. Riduansyah Syafari, S.Sos, MPA.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas dilihat dari aspek pemahaman atas tupoksi, inovasi, kecepatan kerja, keakuratan kerja dan kerjasama.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan studi dokumentasi.  Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif melalui tiga alur kegiatan yang merupakan satu kesatuan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

            Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah khususnya pada pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas dilihat dari aspek pemahaman atas tupoksi dan aspek keakuratan kerja sudah cukup baik dapat dilihat dari banyaknya kegiatan bidang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana yang sudah dilaksanakan. (2) Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah khususnya pada pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas dilihat dari aspek inovasi, kecepatan kerja dan kerjasama masih belum optimal seperti sosialisasi tentang budaya sadar bencana belum disertai dengan simulasi di lapangan dan belum adanya gebrakan inovasi dari bidang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana sehingga masih perlu ditingkatkan lagi untuk kedepannya agar kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Mas memuaskan. (3) Hambatan dalam kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas sangat dipengaruhi oleh kurangnya koordinasi dengan instansi pemerintah lainnya, terbatasnya anggaran, masih minimnya sumber daya manusia yang memiliki kesesuaian keahlian dan pendidikan, sarana dan prasarana yang kurang memadai juga menyebabkan kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Mas menjadi kurang optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

 

Kata Kunci   : Kinerja,  Badan  Penanggulangan   Bencana    Daerah,  Pencegahan                                   dan Kesiapsiagaan, Banjir

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI