DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pra Rancangan Pabrik Silikon Dioksida dari Asam Sulfat dan Sodium Silikat dengan Kapasitas 50.000 Ton/Tahun
PENGARANG:EMIL ZACKY EFFENDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-29


Senyawa silikon dioksida, biasanya diketahui sebagai silika, yaitusenyawayang mempunyai rumus kimia SiO2. Silikon dioksida (silika) biasanya digunakan untuk berbagai keperluan dan berbagai ukuran tergantung aplikasi yang diperlukan. Contohnya dalam industri gelas, karet, ban, tekstil, semen, beton, kertas, kosmetik, elektronik, dan lain-lain. Tujuan pabrik silikon dioksida didirikanagar dapat memenuhisemua kebutuhan bahan silikon dioksida. Jumlah kapasitas yang akan direncanakan yaitu 50.000 ton per tahun.

Reaktor yang digunakan dalam proses ini yaituRATB atau Reaktor Alir Tangki Berpengaduk. Dalam reaktor, reaksi yang terjadi yaitu fase cair-cair, eksotermis, irreversible, pada kondisi isotermal serta suhu dalam reaktor sebesar90 oC dan tekanan yang digunakan 1 atm, maka untuk menjaga suhu pada reaksi tersebut pendingin yang digunakan yaitu koil.Keluaran pada reaktor kemudian dibawakerotary drum vacuum filter untuk disaring. Hasil penyaringan berupa cairan (filtrat) dan padatan (cake). Cake yang masih mengandung air dialirkan ke rotary dryer untuk dilakukan pengeringan agar dapat diperoleh jumlah konsentrasi produk diatas 95%. Produk dari rotary dryer diangkut menujuball mill untuk dihaluskan dan diumpankan ke vibrating screen dengan melewatkan pada ukuran 350 mesh. Produk yang belum sesuai dengan spesifikasi akan diumpankan kembali ke ball mill dan produk yang sudah memenuhi spesifikasi kemudian dikemas dan disimpan dalam gudang penyimpanan.

                 Berdasarkan kebutuhan silikon dioksida dalam negeri yang selama ini masih di-import maka direncanakan pendirian pabrik pada tahun 2025 di daerah Karawang, Jawa Barat dengan kapasitas sebesar50.000 ton per tahun dengan jumlahTotal Capital Investment adalah sebesar Rp 964.655.761.982,9-.Berdasarkan analisa ekonomi, maka pabrik ini dapat dinyatakan layak, yaitu dari nilai Return On Investment (ROI) yang didapat sebelum pajak yaitu43% dan ROI yang didapat sesudah pajak yaitu28% dengan laba bersih pertahun adalahRp  147.972.569.815,04. Adapun Pay Out Time (POT) yang didapat sebelum pajak yaitu 1,0 tahun dan sesudah pajak yaitu 1,1 tahun. Break Even Point yang didapat adalah 49 % kapasitas dan Shut Down Point (SDP) yang didapat yaitu33%. Berdasarkan uraian di atas maka pabrik silikon dioksida dapat dinyatakan layak untuk didirikan.

 

Kata Kunci : Asam Sulfat, RATB, Silikon Dioksida, Sodium Silikat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI