DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Lama Pengangkutan Terhadap Kandungan Asam Lemak Bebas pada Tandan Buah Kelapa Sawit dari Kebun Sawit Rakyat Desa Munggualung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan
PENGARANG:HERLI RUSDIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


Kelapa sawit (Elaeis) adalah tanaman perkebunan penting penghasil minyak makanan, minyak industri, maupun bahan bakar nabati (biodiesel). Buah sawit adalah sumber bahan baku Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel Oil (PKO). CPO dihasilkan dari daging buah sawit, sedangkan PKO dihasilkan dari inti buahnya.

 

Permasalahan yang sering terjadi pada pabrik CPO adalah penurunan mutu CPO yang disebabkan oleh peningkatan kadar Asam Lemak Bebas (ABL). Asam lemak bebas secara alami akan meningkat pada buah kelapa sawit yang telah dipanen seiring dengan bertambahnya waktu, maka dari itu buah yang telah dipanen harus segera diangkut dan diolah untuk menghindari kenaikan asam lemak bebas.

 

Mutu minyak kelapa sawit dapat di lihat dari kadar asam lemak bebas, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mutu TBS berupa kadar asam lemak bebas dan kadar air pada beberapa kondisi waktu pengangkutan TBS dari kebun sawit rakyat. Mengetahui waktu lama pengangkutan TBS hingga sampai ke pabrik kelapa sawit.

Hasil dari penelitian ini didapat lama pengangkutan terhadap kadar asam lemak bebas dan kadar air dengan tiga perlakuan yaitu panen, penumpukan, dan loading ramp, didapat waktu terbaik kadar asam lemak bebas dan kadar air pada waktu panen. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali pengangkutan, dan didapatkan lama pengangkutan terbaik yaitu pada pengangkutan kedua dengan kadar asam lemak bebas 2.81% dan kadar air 6,27% dengan kadar asam lemak bebas dan kadar air terendah, serta waktu tercepat dari pengangkutan pertama dan ketiga. 

 

Kata Kunci: Kelapa Sawit, Asam Lemak Bebas, Lama Pengangkutan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI