DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LITERATURE REVIEW : PELAKSANAAN PATIENT CENTERED CARE (PCC) MENURUT PASIEN DI RUMAH SAKIT
PENGARANG:RAHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-31


Latar Belakang : Insiden keselamatan pasien masih menjadi masalah penting untuk Rumah Sakit. Masih terjadinya peningkatan insiden keselamatan seperti KNC, KTD dan insiden Sentinel. Masalah tersebut dapat dihindari dengan penerapan prinsip Patient Centered Care (PCC) efektif dalam pemberian asuhan keperawatan.

Tujuan : Mengetahui gambaran pelaksanaan Patient Centered Care (PCC) menurut pasien di rumah sakit.

Metode : Jenis penelitian yang dilakukan merupakan Literature review. terbitan tahun 2010-2020. situs artikel jurnal elektronik yaitu Google Scholar, PubMed, Science Direct, dan Garuda dengan kata kunci Patient Centered Care (PCC).

Hasil : Sepuluh artikel jurnal didapatkan dari hasil seleksi memakai instrument JBI Critical Appraisal. Hasil Penelitian dari 10 jurnal tersebut mengatakan telah melaksanakan PCC.

Kesimpulan : Dari hasil literatur review 7 dari 10 artikel jurnal didapatkan pelaksanaan PCC yang baik menurut pasien itu meliputi menghormati nilai-nilai, kepercayaan dan kebutuhan pasien, menerima informasi terkait kondisi pasien saat ini, dukungan secara emosional, dan keterlibatan keluarga. Pelaksanaan PCC dianggap buruk jika menimbulkan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pasien seperti waktu kehadiran dokter tidak tepat waktu, aspek komunikasi kurang baik, lama pelayanan administrasi dan sikap dokter yang tidak ramah.

Kata Kunci : Pasien, Pelaksanaan, PCC

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI