DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK DODECYLBENZENE DARI DODECENE DAN BENZENE DENGAN PROSES ALKILASI MENGGUNAKAN KATALIS ALUMUNIUM KLORIDA (AlCl3) KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN
PENGARANG:MUHAMMAD ZAINUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-01


Dodecylbenzene adalah senyawa dengan rumus C18H30. senyawa ini merupakan produk dari benzene dan dodecene dengan proses alkilasi menggunakan AlCl3. Produk ini biasanya digunakan sebagai bahan baku kosmetik, shampoo, wetting agent dan pembersih lantai. Kebutuhan dodecylbenzene  ini dipenuhi oleh industri dalam negeri dan juga impor. Untuk mengurangi angka impor, maka dirancang pabrik dodecylbenzene  yang direncanakan akan didirikan pada tahun 2025 dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Bahan baku utama yang diperlukan adalah benzene PT Transpasific Petrochemical Indotama, Tuban yang diperoleh. Sedangkan untuk kebutuhan dodecene berasal dari Beyond Industries Limited Mainland, China dan katalis AlCl3 dari Shanghai Chemson Chemical Co. Kebutuhan air akan dipenuhi oleh air sungai Bengawan Solo yang terletak dekat dengan pabrik. Pabrik akan didirikan di kecamatan Bungah, Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Dodecylbenzene dibuat melalui proses alkali antara dodecene dan benzene. Pembuatan dodecylbenzene diawali dengan mereaksikan benzene dan dodecene dengan AlCl3 dalam reaktor batch tangki berpengaduk (RATB) pada suhu 55 °C dan tekanan 1 atm selama 6 jam. Kemudian dodecylbenzene dipisahkan dengan dodecene, toluene, benzene dan H2O menggunakan menara distilasi pada tekanan 1 atm. Proses ini di lakukan pada menara distilasi 1, menara distilasi 2 dan menara distilasi 3 hingga mendapatkan kemurnian 99,9% yang selanjutnya disimpan kedalam tangka produk.

Pemasaran dodecylbenzene diutamakan untuk konsumsi dalam negeri. Bentuk perusahaan berupa Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi line dan staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja yang terdiri dari shift dan non-shift dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 194 orang. Selain itu diperoleh juga Return of Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 24 % dan Return of Investment (ROI) sesudah pajak sebesar 15 %. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 2,9  tahun dan Pay Out Time (POT) sesudah pajak sebesar 3,9 tahun. Sehingga diperoleh Break Event Point (BEP) sebesar 46 % dan Shut Down Point (SDP) sebesar 24 %. Berdasarkan pertimbangan hasil evaluasi tersebut, maka pabrik dodecylbenzene dengan kapasitas 30.000 ton/tahun ini layak untuk dikaji lebih lanjut.

Kata Kuncibenzene, dodecenedodecylbenzene, RATB

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI